Yuk Simak Apa Saja Perbedaan Glassboard dan Whiteboard Secara Lebih Lengkap di Sini

Perbedaan Glassboard dan Whiteboard

Selama ini mungkin kita banyak mengenal whiteboard yang biasa digunakan untuk menjelaskan materi di dalam kelas maupun di tempat-tempat lainnya. Seiring berjalannya waktu, rupanya hadir papan tulis jenis lain yang biasa disebut sebagai glassboard.

Kehadiran papan tulis yang satu ini mungkin membuat banyak orang bingung terkait perbedaannya dengan whiteboard. Sebenarnya ada beberapa perbedaan yang hadir di antara keduanya. Perbedaan lebih lanjut akan dijelaskan di bawah ini.

Perbedaan Glassboard dan Whiteboard

Papan tulis berkembang sedemikian rupa. Hingga saat ini mungkin sebagian dari kita sudah mengenal blackboard dan whiteboard. Saat ini pembaharuan datang kembali dengan hadirnya papan kaca atau yang dikenal dengan glassboard.

Penggunaan papan kaca ini memang sudah mulai banyak ditemukan di berbagai tempat. Akan tetapi sebenarnya apa yang membuat papan ini berbeda dengan whiteboard? Selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Perbedaan Glassboard dan Whiteboard

1. Bahan yang Digunakan

Perbedaan pertama hadir dari masalah bahan yang digunakan. Whiteboard terbuat dari papan triplek dengan pinggiran alumunium. Sedangkan papan tulis kaca, seperti namanya terbuat dari kaca jenis tertentu.

Harus diperhatikan jika tidak semua jenis kaca dapat digunakan sebagai papan tulis. Biasanya kaca yang digunakan adalah jenis kaca tempered glass yang relatif lebih kuat daripada kaca yang lainnya.

2. Tingkat Keawetan

Selanjutnya adalah masalah tingkat keawetan produk papan tulis. Secara umum tingkat keawetan produk bergantung pada lingkungan dimana ia diletakkan. Akan tetapi harus diakui jika tingkat keawetan whiteboard dan papan kaca berbeda.

Papan kaca dianggap lebih awet karena menggunakan bahan yang tidak mudah lapuk. Apalagi jika kaca yang digunakan adalah tempered glass berkualitas. Ini akan menghadirkan papan kaca yang tidak hanya tahan dari lapuk namun juga kuat.

3. Desain yang Ada

Perbedaan juga hadir dari desain whiteboard dan glassboard. Desain dari papan kaca dianggap lebih modern jika dibandingkan desain dari whiteboard. Ini karena material desain modern banyak menggunakan material kaca yang membuat papan kaca menjadi relevan dengan desain modern.

Selain itu model dari papan kaca juga lebih beragam. Bentuk dan ukurannya dapat disesuaikan dengan model dari ruangan tempat ia akan diaplikasikan. Pengguna pun tinggal memilih desain mana yang dianggap paling sesuai.

4. Kemudahan Untuk Membersihkan Papan

Selama ini whiteboard dianggap lebih mudah dibersihkan jika dibandingkan blackboard. Namun, memang harus diakui jika digunakan dalam waktu lama, maka whiteboard akan berubah warna menjadi hitam. Sisa tinta yang ada cenderung susah dibersihkan sehingga meninggalkan bekas.

Hal berbeda hadir dari papan tulis kaca. Tinta bekas tulisan akan lebih mudah dibersihkan di papan tulis kaca. Selain itu ia juga tidak meninggalkan bekas meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Ini akan membuat tampilan papan senantiasa bersih dan enak dilihat.

5. Cara Pemasangan

Poin perbedaan lain hadir dari cara pemasangan. Untuk whiteboard biasanya digantungkan di dinding. Pengguna tinggal membuat gantungan dengan menggunakan paku atau alat lainnya, kemudian papan tulis dapat digantungkan.

Berbeda dengan papan kaca. Di sini ada gantungan tersendiri yang akan dijadikan tempat untuk papan tulis bertengger. Seringkali menyesuaikan dengan desain ruangan maupun desain papan tulis yang digunakan. Diperlukan tenaga ahli yang paham mengenai cara memasang papan tulis kaca di sini.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai perbedaan dari whiteboard dan glassboard. Mulai dari bahan sampai dengan cara pemasangan berbeda di sini. Jadi, mana yang akan digunakan nantinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *