Ingin Pintu Kaca Selalu Bersih? Terapkan 5 Hal Ini dalam Menjaga Kebersihannya

Selain pintu kayu, pintu kaca cocok juga untuk dipasang pada semua jenis bangunan. Apalagi pintu kaca membuat bangunan tersebut tampak mewah dan modern, pastinya multifungsi dan dapat dibuka maupun ditutup otomatis. Walaupun harga pintu kaca terbilang mahal namun sebanding dengan kualitas dan banyak peminatnya, tak ayal berbagai bangunan seperti perkantoran, villa maupun rumah menggunakan pintu jenis kaca.

Kaca Bersih

Tips Menjaga Kebersihan Pintu Kaca

Mengingat berbahan kaca, menjaga kebersihannya lebih selektif dibanding pintu kayu. Pasalnya pintu kaca mudah terkena debu sehingga tampilannya kotor dan tak enak dipAndang mata, namun cara membersihkannya terbilang mudah. Berikut ada 5 tips membersihkan pintu kaca yang dapat diterapkan, diantaranya adalah:

1. Membersihkan Pintu Secara Rutin

Jangan salah loh, membersihkan pintu kaca menjadi peranan utama tampilan pintu selalu bersih. Bagi bangunan yang setiap harinya dilalui banyak orang seperti perkantoran dan lainnya, bersihkanlah setiap hari paling tidak 2 kali pada pagi dan sore hari. Namun untuk rumah cukup bersihkan paling tidak 2 atau 3 hari sekali sehingga suasana rumah tetap nyaman, jika Anda memiliki kesibukan berlebih cukup bersihkan sekitar satu minggu sekali.

2. Melapisi Pintu Dengan Komponen pendukung

Kebanyakan orang melapisi pintu kaca dengan komponen pendukung seperti logam besi maupun alumunium, hal itu meringankan Anda maupun pekerja dalam membersihkannya. Selain itu lapisan kuat tersebut membuat pintu bertahan lama karena dapat menetralisir ketika terjadi benturan, misalnya benturan helm maupun perlengkapan kantor, sementara untuk rumah bisa saja terbentur mainan anak-anak saat mereka tak sengaja membenturkannya. Usahakan mencari harga pintu kaca tempered yang tak terlalu mahal namun kualitasnya baik sehingga sesuai budget.

3. Pilihlah Letak Pintu Secara Tepat

Tepat meletakan posisi pintu kaca juga mempengaruhi kebersihannya, pasanglah pada area yang tidak terpapar oleh jalanan karena membuat pintu kaca selalu berdebu. Apalagi jika bangunan Anda terletak didekat jalan raya yang dilalui banyak kendaraan, pasti selalu kotor. Memang, bangunan di dekat jalan raya strategis sehingga dijangkau semua orang, maka letakkanlah beberapa tanaman hias disekitar pintu sehingga menteralisir debu dan polusi. Alhasil pintu tetap kinclong dan membuat banyak orang nyaman memasuki bangunan tersebut.

4. Hati-hati Saat Membuka Dan Menutup Pintu

Umumnya, lantaran menggunakan pintu kaca yang sangat kokoh membuat mereka tak memperhatikan membuka dan menutup pintu dengan benar. Justru pintu kaca harus dibuka dan ditutup dengan hati-hati sehingga kaca menjadi retak maupun pecah. Imbasnya jika terdapat bagian yang retak pasti kebersihannya tidak terjaga, pasalnya bagian retak tersebut pasti sulit dibersihkan. Sebaiknya membeli harga pintu kaca yang aman di kantong dan berkualitas sehingga Anda tak susah saat membersihkannya.

5. Menggunakan Pembersih Kaca Khusus

Setiap bahan kontruksi memiliki pembersih khusus sehingga bisa lebih efektif dalam membersihkannya, selain cepat hasilnya memuaskan. Sama halnya dengan pintu kaca, Anda dapat menggunakan pembersih khusus kaca agar kebersihannya terjaga dan selalu kinclong. Caranya pun mudah, Anda dapat menyemprotkan cairan tersebut dan mengelapnya dengan satu arah sehingga hasilnya maksimal.

Jangan jadikan kesibukan sebagai alasan malas membersihkan pintu kaca. Hal itu membuat interior bangunan tidak enak dipAndang mata, bahkan membuat kenyamanan tidak tercipta. Untuk itu ke 5 tips diatas dapat dijadikan pilihan tepat agar pintu kaca selalu kinclong, bersemangatlah saat membersihkannya sehingga hasilnya maksimal. Pilihlah waktu luang sehingga kegiatan bersih-bersih tidak membuat aktifitas lain terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *