5 Cara Sederhana Membedakan Kaca Tempered dengan Mengetahui Ciri-cirinya

Cara Sederhana Membedakan Kaca Tempered

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, kaca tempered menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan manusia modern yang semakin kompleks dan beragam. Tempered glass atau kaca dengan jenis tempered adalah material yang fungsi dan fisiknya sama persis seperti kaca pada umumnya, namun dari sisi kekuatan dan keamanan, material ini jauh lebih aman dan lebih kuat saat diaplikasikan.

Dikarenakan bentuk kaca biasa dan kaca dengan jenis tempered memiliki tampilan fisik yang nyaris sama persis, masalah yang muncul kemudian adalah bagaimana cara membedakan keduanya? Nah untuk hal itu, berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Mengidentifikasi Kaca Tempered dengan Melihat Ciri-cirinya

Dalam proses produksinya, tempered glass melalui serangkaian mekanisme pembakaran yang sangat istimewa. Bahan ini dipanaskan hingga mencapai titik tertentu, kemudian didinginkan suhunya secara mendadak. Proses seperti ini yang dilakukan secara berulang-ulang yang kemudian menjadikan material kaca lebih kuat hingga 5 x lipat dari kaca biasa. Namun pada waktu bersamaan juga semakin aman untuk digunakan.

Mengapa tempered glass dikatakan sangat aman diaplikasikan dalam berbagai keperluan? Itu karena konstruksi komponen pembentuk material tempered glass mengalami perubahan yang sangat signifikan setelah mengalami serangkaian proses perubahan suhu yang drastis. Pada aplikasinya saat mengalami benturan yang sangat kuat hingga membuat ia pecah, maka tempered glass akan pecah menjadi butiran-butiran kaca yang tidak lagi membahayakan.

Hal ini tentu saja berbeda dengan material kaca biasa yang dapat pecah karena benturan yang mungkin tidak terlalu signifikan. Selain itu pada kaca biasa, pecahan juga menjadi kepingan sangat abstrak, runcing serta tajam, yang pada konsekuensinya akan sangat berbahaya bagi keselamatan. Dan untuk alasan seperti inilah kemudian, tempered glass banyak diaplikasikan pada sarana publik yang memiliki potensi benturan seperti kendaraan, tangga, atau pun partisi untuk dinding balkon.

Cara Sederhana Membedakan Kaca Tempered

Lalu bagaimana sih sebenarnya membedakan tempered glass dengan kaca pada umumnya? Berikut adalah ciri-ciri yang dapat anda temukan saat mencari perbedaannya.

  • Tempered Mark

Sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan disepakati secara luas, tempered glass haruslah memiliki semacam mark atau penanda yang jelas untuk membedakannya dengan kaca biasa dengan mudah. Umumnya penanda ini berbentuk tulisan ‘TEMPERED’ dan bersanding pada logo produsen pembuatnya. Dikarenakan ditulis menggunakan laser dalam proses pemanasan, mark ini tidak dapat dihapus.

  • Kuat dan Solid Terhadap Benturan

Tempered glass memiliki kekuatan hingga lima kali lipat kaca biasa. Semakin tebal dimensi sebuah tempered glass, maka semakin besar juga kekuatannya menahan benturan. Anda bisa merasakannya sendiri dengan memukul material ini beberapa kali kemudian membandingkannya dengan kaca biasa.

  • Pelangi Sudut 45 Derajat

Tempered glass akan memunculkan gradasi seperti pelangi saat dilihat dari sudut pandang 45 derajat. Sementara jika permukaan tempered glass ini terkena pancaran sinar matahari secara langsung, maka akan muncul garis-garis hitam yang samar pada permukaannya.

  • Menjadi Butiran Saat Pecah

Hal selanjutnya yang menjadi ciri khusus dari kaca tempered adalah material ini akan menjadi butiran saat mengalami pecah.

  • Wrapping Effect

Ciri terakhir yang membuat tempered glass berbeda adalah adanya efek nampak bengkok ketika material tempered tertimpa cahaya lurus seperti sorotan lampu senter dan sejenisnya. Hal ini disebut sebagai wrapping effect dan terjadi karena material kaca yang sangat tebal.

Nah itu adalah beberapa perbedaan kaca tempered dan kaca biasa yang dapat anda identifikasi dengan mudah. Jadi saat menemukan atau berniat membeli tempered glass, anda dapat mengenalinya melalui berbagai ciri sederhana tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *