Bedanya Partisi Kaca Frameless dan Partisi Kaca Biasa

Kalau kamu sering berkunjung ke pusat ruko atau pusat perkantoran, pasti kamu tidak asing dengan deretan kaca yang dijadikan pembatas antara satu ruangan dengan ruangan yang lain. Itulah yang disebut dengan partisi kaca kantor. Fungsi utama partisi sendiri adalah untuk membatasi bagian-bagian yang ada di dalam ruangan kantor, sehingga masing-masing divisi bisa bekerja di ruangannya masing-masing. Yang unik, saat ini sudah jarang perkantoran yang memakai partisi tertutup. Sebagai penggantinya, mereka banyak menggunakan partisi kaca yang transparan dan bisa merekatkan hubungan antar divisi.

Mengenal Partisi Kaca Frameless

Penggunaan partisi kaca bisa beraneka ragam. Ada yang menggunakan frame atau bingkai. Dan ada yang tidak menggunakan frame, atau disebut juga dengan frameless. Partisi kaca frameless adalah partisi kaca yang tidak memiliki bingkai apapun, baik berupa aluminium, kayu, atau bahan lainnya. Jadi partisi jenis ini hanya benar-benar terdiri dari susunan beberapa kaca yang disambungkan sehingga membentuk partisi. Ya memang tergantung selera masing-masing untuk menentukan apakah menggunakan partisi kaca yang pakai frame atau tidak. Jika kamu ingin membangun partisi di ruang kantormu, kamu harus paham dulu beberapa perbedaan partisi kaca yang frameless dan partisi kaca biasa.

Frameless atau Biasa? Ini Bedanya!

Mungkin kamu masih bingung lebih baik pakai partisi kaca yang frameless atau yang biasa. Tapi tenang, itu cuma tergantung selera kamu kok. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun yang harus kamu pahami lebih dulu adalah perbedaan di antara keduanya. Kalau kamu paham, maka kamu bisa memilih partisi kaca yang mana yang cocok untuk kebutuhanmu di kantor. Yuk, simak penjelasan perbedaan keduanya berikut ini!

1. Frame atau Bingkai

kaca frameless

Gambar di atas adalah contoh dari partisi kaca yang frameless atau tanpa bingkai. Coba perhatikan bagian-bagian partisi tersebut, kamu tidak akan menemukan ada bingkai yang melekat. Partisi kaca frameless hanya terbuat dari susunan kaca yang disambungkan tanpa menggunakan bingkai sama sekali. Mungkin kamu sudah sering menemukan partisi kaca jenis ini, hanya saja tidak tahu kalau itu jenisnya frameless.

Berbeda dengan frameless, partisi kaca kantor yang biasa menggunakan bingkai untuk menyambungkan sisi-sisi kaca. Bingkainya bisa terbuat dari aluminium atau kayu. Kaca akan diletakkan merekat dengan aluminium atau kayu itu, sehingga terkesan partisi tersebut punya bingkai.

2. Penggunaan Kaca Tempered

Kaca Tempered

Partisi kaca yang frameless hampir bisa dipastikan selalu menggunakan kaca tempered, yaitu kaca yang memiliki ketahanan 4-5 kali lebih kuat dari kaca biasa. Kaca jenis ini dipilih karena partisi kaca yang frameless tidak memiliki bingkai untuk menopang kacanya, sehingga setiap gerakan partisi, misalnya buka tutup pintu akan lebih riskan merusak kaca. Makanya, dipilihlah kaca tempered. Sedangkan untuk partisi kaca biasa tidak selalu menggunakan kaca tempered. Alasan utamanya karena partisi kaca biasa sudah memiliki bingkai yang dapat menopang kekuatan kacanya.

3. Kesan Ruangan

Partisi kaca frameless

Penggunaan partisi kaca frameless buatan http://vertuglass.com/ bisa membuat ruangan terkesan lebih lebar, meskipun ukurannya sedang. Hal ini bisa terjadi karena partisi hanya terdiri dari kaca tanpa frame, sehingga membuat sudut-sudut ruangan tampak lebih jelas dan terkesan lebar.

Lain halnya dengan partisi kaca kantor yang biasa dengan bingkai yang melekat. Ruangan tidak terkesan lebar dan cenderung biasa-biasa saja. Meskipun mempengaruhi kesan ruangan, pemilihan jenis partisi kaca lagi-lagi menyesuaikan selera dan kebutuhan kamu, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *